Sunday, April 02, 2006

達文西密碼 / The da Vinci Code -- Dan Brown

~ posted @ 10:07 PM ~ 0 意見

作者 : Dan Brown
ISBN : 9571341649
頁數 : 516
定價 : NT$ 350
出版社 : 時報文化
出版年 : 2003

簡介
哈佛大學的宗教符號學教授羅柏•蘭登到巴黎出差的深夜, 突然接到一通緊急電話,通知他羅浮宮年高德邵的館長遭人謀殺,就在博物館內,屍體旁邊留下了一個令人困惑的密碼。蘭登與法國美女密碼專家蘇菲•納佛在整理分析謎團的過程中,驚訝地發現在達文西的作品中藏有一連串的線索。這些線索人人可見,卻被畫家巧妙地偽裝,加以隱藏。

蘭登發現一連串令人震驚的關聯:已故的館長是鍚安會的一員──鍚安會是一個真實存在的祕密會社,其中的成員包括牛頓、波提且利、雨果,和達文西等人。至此蘭登發現自己正在追蹤一個石破天驚的歷史大祕密,一個已經埋藏了幾個世紀、既富啟發性又危險的祕密。在這場遍及巴黎的追逐中,蘭登和納佛發現他們是在跟一個始終不露面的幕後主使者鬥智,這個人似乎總是知道他們下一步要做什麼。除非他們可以解開這個錯綜複雜的謎團,否則錫安會的祕密,這個具爆炸力的古老真相,將永遠消失。

本人讀後的感想 :

很久沒有看印尼文版本的書,因此當我的朋友從印尼回來而送我這本書的時候(2005年4月),我就等不即把整個書看完。忘了吃飯,忘了洗澡,忘了任何事,就跟隨作者所描寫的故事去冒險。有點想猜謎遊戲讓讀者動腦去想,而一直好奇把書頁翻到下一頁,不停去看後來會怎麼樣呢?

雖然這本書也收到許多批評,是因為對一些宗教有點敏感,但那有如何呢?我是讀著這本書不是因為聽有這個宗教問題,而是純粹是因為我弟弟對我說他讀了這本書後而覺得好看(他也沒有說有什麼好看的)所以我就想自己看看。

倒反寫字根本沒有想像中那麼難寫,因為大學時,為了好玩而已,有時候我跟同學偶爾用這個辦法寫信。

一個小說,怎麼可以相信他白分之白呢?就像我的中文老師也常常說從歷史的角度來說三國演義,百分之八十,是假的。而我們全班就有點失望說:「怎麼這麼多?為什麼好看的部分卻是沒有?」老師只是笑咪咪說:「本來就是嘛!要好看的就看香港電影或看小說才是嘛!」

所以不管是真是假,一個好看的書總是讓人沉溺於故事裡面,這樣才是成功的故事嘛!

更深瞭解這本書用的背景,照片,及作者所採用的資料可以在這裡看:達文西密碼
還是有興趣玩破解密碼的人可以試試看此網站:Code

Judul buku : The Da Vinci Code -- Dan Brown
Tebal : 632 hal. SC Koran
Ukuran : 15 x 23.5 cm
Harga : Rp. 79,900
Terbit : Juni 2004

Ringkasan Cerita :
Saat di Paris, pakar simbologi Harvard, Robert Langdon, menerima telepon tengah malam yang penting. Seorang kurator senior di Museum Louvre terbunuh, dan pesan-pesan rahasia yang mengherankan ditemukan dekat tubuhnya. Ketika Langdon dan seorang kryptolog (pemecah kode) berbakat Prancis, Sophie Neveu, mengupas lapis demi lapis teka-teki aneh itu, mereka terpana menemukan serangkaian petunjuk tersembunyi di balik karya-karya terkenal Leonardo Da Vinci?petunjuk-petunjuk yang tampak agar dilihat semua orang tapi sengaja disamarkan dengan jenius oleh sang pelukis.

Situasi menjadi semakin menegangkan ketika Langdon menemukan sebuah kaitan mengejutkan: mendiang kurator itu terlibat dalam Priory of Sion—sebuah masyarakat rahasia yang nyata, yang beranggotakan antara lain Sir Isaac Newton, Botticelli, Victor Hugo, dan Da Vinci. Langdon dan Sophie menjadi buruan internasional, secara tak terduga harus berhadapan dengan seseorang yang tak tampak tapi amat berkuasa. Mereka harus memecahkan labirin teka-teki itu. Jika gagal, rahasia Priory—sebuah kebenaran kuno yang dapat mengguncang dunia—akan hilang selamanya.

ISBN: 979-335-80-7

Kesanku :

Saking asyik dan serunya, begitu mendapatkan buku ini dari seorang teman yang kebetulan baru pulang dari Indonesia, sekitar bulan April 2005 lalu, akupun jadi lupa waktu, lupa makan, lupa mandi, lupa segala, maunya baca sampe abis..dari jam 1 siang, sampe tiba-tiba saja sudah jam 8 malam.

Awal bacanya menarik sih...lepas dari masalah kontrovesinya soal agama, si penulis punya daya imajinasi yang tinggi. However, aku sih slalu heran ama orang yang suka ngributin dan membesar2kan masalah. Kenapa sih tak menikmatinya sebagai sekedar bacaan saja ? Lepas dari soal setuju tidaknya, sang penulis udah menghabiskan banyak waktu buat menciptakan kode2 yang harus dipecahkan dan merangkainya menjadi sebuah cerita yang asyik dibaca..hal demikian tak semua orang bisa melakukannya bukan ?

Dan Brown merangkaikan satu bagian ke bagian lainnya dengan seru, membuat orang penasaran akan bagian selanjutnya sehingga sulit melepaskan diri dari buku ini. Saat mendekati akhir, baru merasakan kekurangan novel tersebut, well, seperti banyak cerita yang dipaksakan endingnya, novel ini juga terasa dipaksakan endingnya, tak sebrilian halaman depan...barangkali karena pengarang tak berniat menyinggung lebih jauh kontrovesi yang sempat dibuat bagian awal ? Karena terlalu sensitif soal agama dan kepercayaan ??? Entahlah...seperti kebanyakan karya asyik lainnya, bagian akhirnya seringkali malah membuat orang sedikit kecewa...merasa : "Lho ??? Kog..cuma begitu ? Kog sudah habis ?"

Lepas dari itu semua, minatku untuk membaca buku ini terlepas dari segala kontrovesi yang ada, awalnya aku malah tak tau isinya tentang apa, cuma aja adikku bilang kalo ia abis baca buku Da Vinci Code dan menurutnya asyik punya (just it, ia sama sekali tak bilang isinya bercerita tentang apa ) Adikku kan tau kalo aku ini termasuk gila baca buku apa aja.

Terus terang aku tak suka ide ia yang mengangkat ritual sex kuno seolah menjadi hal yang suci dilakukan... tapi lepas dari itu, tak bisa dipungkiri pula bahwa di jaman dahulu orang mungkin saja melakukan ritual demikian sebagai kegiatan yang benar2 suci dijaman tersebut, lepas dari sudut pandang kita saat ini. Saat ini aku belajar sedikit tentang mitos, dongeng tentang dewa yang dipuja masyarakat jaman dulu, baik dari Mesir, Eropa, Roma, maupun China sendiri. Dan Brown sendiri menuliskan kalimat yang menarik : APA SIH SEJARAH ITU SEBENARNYA ? Cuma tulisan yang dibuat manusia...yang akan berubah bila dilihat dari sisi lainnya..cuma satu pandangan dari satu pihak.

Lepas dari kontrovesi agama, well, kurasa Dan Brown sendiri menulis kalimat yang menarik tentang bagaimana kita memandang agama seharusnya...yaitu saat Sophie bertanya pada Robert, apa yang harus dilakukannya apabila ia benar menemukan rahasia Holy Grail tersebut ? Robert menjawab bahwa sama sekali tak ada yang salah dalam agama..selama itu membantu manusia menuju arah yang lebih baik...apa benar suatu kebenaran itu layak disingkapkan kalau kebenaran itu hanya merusak apa yang sudah baik ?

Nikmati sekedar bacaan ajalah...jangan hanya karena membaca atau ada orang yang mengatakan itu benar lantas kita mempercayai semuanya 100 %... itu sama aja dengan ada orang yang mengatakan mencebur sumur itu baik, apa lantas kita semua mencebur sumur aja ?

Terus terang aku ya tak percaya 100 % akan apa yang ia tulis, tapi menurutku menarik juga, soal bagaimana kita bisa memandang dari sudut lain tentang suatu ulasan seni...tentang sejarah...dll. Lagian bisa membuat kita tau lukisan apa saja yang dihasilkan pelukis besar jaman dulu...minimal kita tau nama lukisannya. Di pihak lain...soal Leonardo Da Vinci mempunyai karakter unik sih..aku percaya saja, soale ia orang Genius sih, en tau ajalah kalo orang Genius itu selalu unik.. soal menulis terbalik, believe it or not...menulis terbalik sebenarnya gampang aja dilakukan, tak perlu seGENIUS Da Vinci di jaman kuliah dulu aku sendiri suka menggunakan cara ini untuk menulis..dan kami melakukannya sekedar iseng ajalah.

Sekedar Info :

Buat yang mau coba2 pecahin kode-kode, terus terang aja aku sih engga bisa :p coba klik Code ini ;)
Buat yang pingin tau lebih banyak soal buku, foto2 dan segala sesuatunya, jadi dapat pengertian yang lebih baik tentang isi buku yang dimaksud, coba klik disini : Da Vinci Code


posted by Olive @ 10:07 PM
~ Olive & Book ~

0 意見/Comments:

Post a Comment

Home