Friday, March 31, 2006

Perrault 童話系列 / Kumpulan Dongeng Perrault

~ posted @ 9:32 PM ~ 0 意見

適合小孩看的 ^^ 我不知道台灣是否有翻譯這本童話?找不到任何訊息!這本書我擁有一本印尼文的,那時候我還是小孩,平常只要媽媽要帶我到別的城市去,我的要求是:她一定要讓我買我想看的書^^" 因為座車對我來說很痛苦的一件事,所以就要跟媽媽講價,我會說要幫我買很多很多書,她只願意買一本給我,而後我開始減少價錢,最多媽媽只答應買三本給我 :( 而我就要痛苦兩個多小時多在車裡面(暈車)只是為了自己想要看的書。也不懂為什麼媽媽忍心讓我痛苦而我想要的,只不過書而已,也不是沒有用的玩具 :p

不管了,那是過去的是嘛!我喜歡這本書,但是第二本部分,我只是從外面借來看而已,日後有機會的話,就想再買吧?第一部分最有名的也許《小紅帽》的故事(台灣也有了吧!),然後有個小女孩被著驢子皮的故事,還有一個醜男孩,但是很聰明,遇到笨女孩但是很漂亮的故事(我只記得這三個 ^^")。ㄟ,還有一個有藍色的鬍子的男人,喜歡娶很多太太,然後他告訴他的太太不可以進入一個房間,結果那個太太偏偏不聽,發現之前的太太被殺死了(可是這個故事並沒有很暴力,所以小孩還是可以看了啦!)第二本裡面有穿BOOT鞋子的貓,那個故事很好玩ㄟ,很有意思的!不管了,童話總是很好玩又很值得看的故事 ^.~

原來當我查詢這個作者時,才發現那個有名的《灰姑娘》與《睡美人》也是他把這兩個民間故事寫成有趣的童話,雖然我們知道許多有名的童話,但是有時候卻把作者的姓名忘卻,不是很可惜了嗎?(還好我打算整理我腦海裡曾經的書,所以今天就增加了一個知識 ^.~

想知道更多,可以參考這些網站:
http://www.ad.ntust.edu.tw/grad/think/homework91/A9113035/63/

我找到跟我看的印尼文版本類似相同的書,可以看在此網站:
http://www.tmac.com.tw/masters/masters_detail.asp?masterkindid=1&masterPage=4
(日後,再想辦法收集這些書吧!--> 我的夢想之一 ^^" )


Kumpulan Dongeng Perrault 1 & 2 Charles Perrault
Harga : Rp 35.000,-
Ukuran : 20 x 28 cm
Tebal : 110 halaman
Terbit : Januari 2000

Bacaan yang cocok untuk anak-anak. Aku membacanya saat kecil dulu, dan aku memiliki bagian pertama dari Kumpulan Dongeng Perrault ini. Bagian duanya aku membaca dari pinjaman orang lain. Well, waktu itu untuk mendapatkan buku sangatlah tidak mudah, setiap kali aku mesti tawar menawar dengan mama, biasanya tiap mama ingin mengajakku ke luar kota (misal ke Malang atau Surabaya) aku akan mengajukan syarat, agar ia membelikan buku cerita untukku baru aku bersedia ikut (aneh ya ? Kebanyakan anak lain mungkin minta mainan ^^" ) karena bagiku naik mobil adalah sesuatu hal yang paling membuatku menderita, bisa mabuk darat sih ^^" biasanya mama hanya bersedia membelikan 1 buku saja (hik...sedih, mama pelit banget sih ? :p Tapi apa boleh buat, memang harga buku itu mahal sih) terus aku nawar minta 5, seringnya sih tak berhasil, paling banyak mama cuma bersedia membelikan 3 buku saja ^^"

Anyway, buku Dongeng Perrault pertama yang kuingat ceritanya berjudul :

Kulit Keledai, bercerita seorang gadis yang memakai kulit keledai dalam hidupnya.

Kuncung Riquet (mirip-mirip itulah namanya, aku rada lupa nama persisnya), bercerita tentang seorang pemuda yang dilahirkan dengan tampang yang tak terlalu menarik (memiliki kuncung di rambutnya) namun memiliki kepintarannya, dan memiliki kemampuan untuk membuat gadis yang disukainya menjadi pandai. Sedang dikerajaan seberang seorang putri raja yang cantik namun bodoh bertemu dengan si Kuncung dan bersedia menjadi istrinya kalau si Kuncung membuatnya berubah menjadi pandai. Dan setelah si putri menjadi pandai, ia justru menyadari kebodohannya dulu untuk bersedia begitu saja menjadi istri si Kuncung...na lo ?? namanya juga dongeng, endingnya masih okey lah hehehe

Si Janggut Biru, cerita ini bercerita seorang bangsawan yang memiliki Janggut berwarna biru dan telah menikah berkali-kali, kali terakhir ia menikah, ia berpesan pada gadis itu bahwa ia akan pergi, dan gadis itu tak boleh memasuki sebuah kamar, ternyata gadis itu melanggar perintahnya, dan menemukan rahasianya yang menyeramkan, karena itu si Janggut Biru akan membunuhnya........biarpun sepertinya rada berbau kekerasan, namun Perrault membuatnya menjadi suatu dongeng yang tak kalah menarik, dan tetap cocok dikonsumsi anak-anak koq.

Buku kedua, aku hanya ingat satu cerita, dan itu memang cerita yang sangat menarik, judulnya : Kucing Bersepatu Boot ! Ceritanya bagus benar menurutku, imajinatif, dan memikat ! Kalau ada kesempatan, aku ingin membeli buku ini untuk melengkapi koleksi bukuku (ssttt...ini juga salah satu cita-citaku untuk membuat perpustakaan pribadi sendiri), dulu mama sih berjanji tentang hal ini, well, ia sih membohongiku waktu itu, namun sekarang kan aku sudah dewasa bisa mewujudkan sendiri semua impianku ^.~ Pelan-pelan deh :p

Saat menulis ini, dan mencari beberapa informasi di internet, ternyata baru aku mengetahui kalau cerita Cinderela dan Sleeping Beauty yang terkenal itu, juga dibenahi dan ditulis ulang oleh si Charles Perrault berdasarkan cerita rakyat hingga akhirnya menjadi sebuah dongeng yang menawan...Well, kadang kita mengetahui suatu cerita dan melupakan penulisnya, sedikit sayang bukan ? Untung hari ini, berniat membenahi isi otakku tentang buku-buku yang pernah kubaca, jadi hari ini bertambah lagi satu pengetahuan umumku ^.~

Kalau ada yang berminat melihat foto Charles Perrault, kebetulan aku menemukannya di website Taiwan, entah kalau ada yang menemukan di website indonesia, boleh menambahkannya nanti ^^" Bisa dilihat di : http://www.tmac.com.tw/masters/masters_detail.asp?masterkindid=1&masterPage=4


posted by Olive @ 9:32 PM
~ Olive & Book ~

0 意見/Comments:

Post a Comment

Home